Thursday, June 3, 2010

Kisah Nabi Idris a.s



Idris atau Nabi Idris a.s. (Arab: إدريس ) adalah salah seorang rasul yang merupakan putra Adam yang pertama kali diberikan hak kenabian oleh Allah setelah Adam sendiri dan Shiyth a.s. (Set menurut Yahudi dan Nasrani). Dalam Alkitab, Idris dikenal dengan nama Henokh.

Nabi Idris adalah keturunan keenam dari Nabi Adam, putra dari Yarid bin Mihla’iel bin Qinan bin Anusy bin Shiyth bin Adam a.s. yang menjadi keturunan pertama yang diutus menjadi nabi setelah Adam dan Shiyth. Menurut kitab tafsir, beliau hidup 1.000 tahun setelah Nabi Adam wafat.

Nabi Idris dianugerahi kepandaian dalam berbagai disiplin ilmu, kemahiran, serta kemampuan untuk menciptakan alat-alat untuk mempermudah pekerjaan manusia, seperti pengenalan tulisan, matematika, astronomi, dan lain sebagainya. Menurut suatu kisah, terdapat suatu masa di mana kebanyakan manusia akan melupakan Allah sehingga Allah menghukum manusia dengan bentuk kemarau yang berkepanjangan. Nabi Idris pun turun tangan dan memohon kepada Allah untuk mengakhiri hukuman tersebut. Allah mengabulkan permohonan itu dan berakhirlah musim kemarau tersebut dengan ditandai turunnya hujan.

Nabi Idris diperkirakan bermukim di Mesir di mana ia berdakwah untuk menegakkan agama Allah, mengajarkan tauhid, dan beribadah menyembah Allah serta memberi beberapa pendoman hidup bagi pengikutnya supaya selamat dari siksa dunia dan akhirat.

Menurut buku berjudul The Prophet of God Enoch: Nabiyullah Idris, Idris adalah sebutan atau nama Arab bagi Enoch, nenek moyang Nabi Nuh. Beliau dinyatakan di dalam Al-Quran sebagai manusia pilihan Allah sehingga Dia mengangkatnya ke langit. Ibnu Abi Hatim dalam tafsirnya meriwayatkan bahwa Nabi Idris wafat saat beliau sedang berada di langit keempat ditemani oleh seorang malaikat. Beliau hidup sampai usia 82 tahun



1. Nabi Idris Kedatangan Tamu

Nama Nabi Idris as. yang sebenarnya adalah ‘Akhnukh’. Sebab beliau dinamakan Idris, kerana beliau banyak membaca, mempelajari (tadarrus) kitab Allah SWT.

Setiap hari Nabi Idris menjahit qamis (baju kemeja), setiap kali beliau memasukkan jarum untuk menjahit pakaiannya, beliau mengucapkan tasbih. Jika pekerjaannya sudah selesai, kemudian pakaian itu diserahkannya kepada orang yang menempahnya dengan tanpa meminta upah. Walaupun demikian, Nabi Idris masih sanggup beribadah dengan amalan yang sukar untuk digambarkan. Sehingga Malaikat Maut sangat rindu berjumpa dengan beliau.

Kemudian Malaikat Maut bermohon kepada Allah SWT, agar diizinkan untuk pergi menemui Nabi Idris as. Setelah memberi salam, Malaikat pun duduk.

Nabi Idris as. mempunyai kebiasaan berpuasa sepanjang masa. Apabila waktu berbuka telah tiba, maka datanglah malaikat dari Syurga membawa makanan Nabi Idris, lalu beliau menikmati makanan tersebut.

Kemudian baginda beribadah sepanjang malam. Pada suatu malam Malaikat Maut datang menemuinya, sambil membawa makanan dari Syurga. Nabi Idris menikmati makanan itu. Kemudian Nabi Idris berkata kepada Malaikat Maut: “Wahai tuan, marilah kita nikmati makanan ini bersama-sama.” Tetapi Malaikat itu menolaknya.

Nabi Idris terus melanjutkan ibadahnya, sedangkan Malaikat Maut itu dengan setia menunggu sampai terbit matahari. Nabi Idris merasa hairan melihat sikap Malaikat itu.

Kemudian beliau berkata: “Wahai tuan, mahukah tuan bersiar-siar bersama saya untuk melihat keindahan alam persekitaran? Malaikat Maut menjawab: Baiklah Wahai Nabi Allah Idris.”

Maka berjalanlah keduanya melihat alam persekitaran dengan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan hidup di situ. Akhirnya ketika mereka sampai pada suatu kebun, maka Malaikat Maut berkata kepada Nabi Idris as.: “Wahai Idris, adakah tuan izinkan saya untuk mengambil ini untuk saya makan? Nabi Idris pun menjawab: Subhanallah, mengapa malam tadi tuan tidak mahu memakan makanan yang halal, sedangkan sekarang tuan mahu memakan yang haram?”

2. Malaekat Izrail mencabut nyawa Nabi Idris atas permintaannya.

Kemudian Malaikat Maut dan Nabi Idris meneruskan perjalanan mereka. Tidak terasa oleh mereka bahawa mereka telah bersiar-siar selama empat hari. Selama mereka bersahabat, Nabi Idris menemui beberapa keanehan pada diri temannya itu. Segala tindak-tanduknya berbeza dengan sifat-sifat manusia biasa. Akhirnya Nabi Idris tidak dapat menahan hasrat ingin tahunya itu.

Kemudian beliau bertanya: “Wahai tuan, bolehkah saya tahu, siapakah tuan yang sebenarnya? Saya adalah Malaikat Maut.”

“Tuankah yang bertugas mencabut semua nyawa makhluk?” “Benar ya Idris.”

“Sedangkan tuan bersama saya selama empat hari, adakah tuan juga telah mencabut nyawa-nyawa makhluk?”

“Wahai Idris, selama empat hari ini banyak sekali nyawa yang telah saya cabut. Roh makhluk-makhluk itu bagaikan hidangan di hadapanku, aku ambil mereka bagaikan seseorang sedang menyuap-nyuap makanan.”

“Wahai Malaikat, apakah tujuan tuan datang, apakah untuk ziarah atau untuk mencabut nyawaku?”

“Saya datang untuk menziarahimu dan Allah SWT telah mengizinkan niatku itu.”

“Wahai Malaikat Maut, kabulkanlah satu permintaanku kepadamu, iaitu agar tuan mencabut nyawaku, kemudian tuan mohonkan kepada Allah agar Allah menghidupkan saya kembali, supaya aku dapat menyembah Allah Setelah aku merasakan dahsyatnya sakaratul maut itu.”

Malaikat Maut pun menjawab: “Sesungguhnya saya tidaklah mencabut nyawa seseorang pun, melainkan hanya dengan keizinan Allah.”

Lalu Allah SWT mewahyukan kepada Malaikat Maut, agar ia mencabut nyawa Idris as. Maka dicabutnyalah nyawa Idris saat itu juga. Maka Nabi Idris pun merasakan kematian ketika itu.

Di waktu Malaikat Maut melihat kematian Nabi Idris itu, maka menangislah ia. Dengan perasaan hiba dan sedih ia bermohon kepada Allah supaya Allah menghidupkan kembali sahabatnya itu. Allah mengabulkan permohonannya, dan Nabi Idris pun dihidupkan oleh Allah SWT kembali.

3. Malaekat Izrail membawaNabi Idris ke Syurga dan ke Neraka

Kemudian Malaikat Maut memeluk Nabi Idris, dan ia bertanya: “Wahai saudaraku, bagaimanakah tuan merasakan kesakitan maut itu? Bila seekor binatang dilapah kulitnya ketika ia masih hidup, maka sakitnya maut itu seribu kali lebih sakit daripadanya. Padahal-kelembutan yang saya lakukan terhadap tuan, ketika saya mencabut nyawa tuan itu, belum pernah saya lakukan terhadap sesiapa pun sebelum tuan. Wahai Malaikat Maut, saya mempunyai permintaan lagi kepada tuan, iaitu saya sungguh-sungguh berhasrat melihat Neraka, supaya saya dapat beribadah kepada Allah SWT lebih banyak lagi, setelah saya menyaksikan dahsyatnya api neraka itu. Wahai Idris as. saya tidak dapat pergi ke Neraka jika tanpa izin dari Allah SWT.”

Akhirnya Allah SWT mewahyukan kepada Malaikat Maut agar ia membawa Nabi Idris ke dalam Neraka. Maka pergilah mereka berdua ke Neraka. Di Neraka itu, Nabi Idris as. dapat melihat semua yang diciptakan Allah SWT untuk menyiksa musuh-musuh-Nya. Seperti rantai-rantai yang panas, ular yang berbisa, kala, api yang membara, timah yang mendidih, pokok-pokok yang penuh berduri, air panas yang mendidih dan lain-lain.

Setelah merasa puas melihat keadaan Neraka itu, maka mereka pun pulang. Kemudian Nabi Idris as. berkata kepada Malaikat Maut: “Wahai Malaikat Maut, saya mempunyai hajat yang lain, iaitu agar tuan dapat menolong saya membawa masuk ke dalam Syurga. Sehingga saya dapat melihat apa-apa yang telah disediakan oleh Allah bagi kekasih-kekasih-Nya. Setelah itu saya pun dapat meningkatkan lagi ibadah saya kepada Allah SWT. Saya tidak dapat membawa tuan masuk ke dalam Syurga, tanpa perintah dari Allah SWT.” Jawab Malaikat Maut.

Lalu Allah SWT pun memerintahkan kepada Malaikat Maut supaya ia membawa Nabi Idris masuk ke dalam Syurga.

Kemudian pergilah mereka berdua, sehingga mereka sampai di pintu Syurga dan mereka berhenti di pintu tersebut. Dari situ Nabi Idris dapat melihat pemandangan di dalam Syurga. Nabi Idris dapat melihat segala macam kenikmatan yang disediakan oleh Allah SWT untuk para wali-waliNya. Berupa buah-buahan, pokok-pokok yang indah dan sungai-sungai yang mengalir dan lain-lain.

Kemudian Nabi Idris berkata: “Wahai saudaraku Malaikat Maut, saya telah merasakan pahitnya maut dan saya telah melihat dahsyatnya api Neraka. Maka mahukah tuan memohonkan kepada Allah untukku, agar Allah mengizinkan aku memasuki Syurga untuk dapat meminum airnya, untuk menghilangkan kesakitan mati dan dahsyatnya api Neraka?”

Maka Malaikat Maut pun bermohon kepada Allah. Kemudian Allah memberi izin kepadanya untuk memasuki Syurga dan kemudian harus keluar lagi. Nabi Idris pun masuk ke dalam Syurga, beliau meletakkan kasutnya di bawah salah satu pohon Syurga, lalu ia keluar kembali dari Syurga. Setelah beliau berada di luar, Nabi Idris berkata kepada Malaikat Maut: “Wahai Malaikat Maut, aku telah meninggalkan kasutku di dalam Syurga.

Malaikat Maut pun berkata: Masuklah ke dalam Syurga, dan ambil kasut tuan.”

Maka masuklah Nabi Idris, namun beliau tidak keluar lagi, sehingga Malaikat Maut memanggilnya: “Ya Idris, keluarlah!. Tidak, wahai Malaikat Maut, kerana Allah SWT telah berfirman bermaksud:

“Setiap yang berjiwa akan merasakan mati.”
(Ali-Imran: 185)

Sedangkan saya telah merasakan kematian. Dan Allah berfirman yang bermaksud:

“Dan tidak ada seorang pun daripadamu, melainkan mendatangi Neraka itu.”
(Maryam: 71)

Dan saya pun telah mendatangi Neraka itu. Dan firman Allah lagi yang bermaksud:

“… Dan mereka sekali-kali tidak akan dikeluarkan daripadanya (Syurga).”
(Al-Hijr: 48)

Maka Allah menurunkan wahyu kepada Malaikat Maut itu: “Biarkanlah dia, kerana Aku telah menetapkan di azali, bahawa ia akan bertempat tinggal di Syurga.”

Allah menceritakan tentang kisah Nabi Idris ini kepada Rasulullah SAW dengan firman-Nya bermaksud: “Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris yang tersebut di dalam Al-Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang Nabi. Dan kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.” (Maryam: 56-57)

4. Idris di dalam Al-Qur’an dan Hadits

Terdapat empat ayat yang berhubungan dengan Idris dalam Al-Qur’an, dimana ayat-ayat tersebut saling terhubung didalam Surah Maryam (Maryam) dan Surah Al-Anbiya’ (Nabi-nabi).



Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al-Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi. Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi. (Qur’an 19:56-57)





Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. Kami telah memasukkan mereka kedalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang saleh.” (Qur’an 21:85-86)



Dalam sebuah hadits, Idris disebutkan sebagai salah seorang dari nabi-nabi pertama yang berbicara dengan Muhammad dalam salah satu surga selama Mi’raj.

Diriwayatkan dari Abbas bin Malik: … Gerbang telah terbuka, dan ketika aku pergi ke surga keempat, disana aku melihat Idris. Jibril berkata (kepadaku). ‘Ini adalah Idris; berilah dia salammu.’ Maka aku mengucapkan salam kepadanya dan ia mengucapkan salam kepadaku dan berkata. ‘Selamat datang, O saudaraku yang alim dan nabi yang saleh.; … Sahih Bukhari 5:58:227
Idris dipercayai sebagai seorang penjahit berdasarkan hadits ini:

Ibnu Abbas berkata, “Daud adalah seorang pembuat perisai, Adam seorang petani, Nuh seorang tukang kayu, Idris seorang penjahit dan Musa adalah penggembala.” (dari al-Hakim)
5. Nasihat dan Ajaran

Berikut ini adalah beberapa nasihat dan untaian kata mutiara Nabi Idris.

Kesabaran yang disertai iman kepada Allah (akan) membawa kemenangan.
Orang yang bahagia adalah orang yang waspada dan mengharapkan syafaat dari Tuhannya dengan amal-amal salehnya.
Bila kamu memohon sesuatu kepada Allah dan berdoa, maka ikhlaskanlah niatmu. Demikian pula (untuk) puasa dan shalatmu.
Janganlah bersumpah palsu dan janganlah menutup-nutupi sumpah palsu supaya kamu tidak ikut berdosa.
Taatlah kepada rajamu dan tunduklah kepada pembesarmu serta penuhilah selalu mulutmu dengan ucapan syukur dan puji kepada Allah.
Janganlah iri hati kepada orang-orang yang baik nasibnya karena mereka tidak akan banyak dan lama menikmati kebaikan nasibnya.
Barang siapa melampaui kesederhanaan tidak sesuatu pun akan memuaskannya.
Tanpa membagi-bagikan nikmat yang diperolehnya, seseorang tidak dapat bersyukur kepada Allah atas nikmat-nikmat yang diperolehnya itu.

http://hbis.wordpress.com

Kisah Khidir dan Musa



Nabi Khidir ditugaskan membimbing Nabi Musa yang hidup dizamannya, sebagaimana kita sekarang wajib menyampaikan dakwah kepada orang lain disekeliling kita. Beliau tidak dikurniakan Mukjizat seperti Nabi Musa sebaliknya diajarkan ilmu secara Laduni. Hal ini turut dimiliki Para Wali Allah dan Alim Ulama yang dianugerahkan Allah Ilmu Makrifat serta Kasyaf. Golongan ini selalu berhati-hati untuk tidak membusungkan dada dengan Ilmu yang mereka miliki. Sifat Warak dan merendah diri pada beliau inilah yang diamalkan oleh para Wali Allah seperti Syekh Abdul Qadir Jailani yang namanya senantiasa disebut-sebut sampai hari ini walaupun telah wafat ribuan tahun yang lampau.
Salah satu kisah Al-Qur’an yang sangat mengagumkan dan dipenuhi dengan misteri, kisah seorang hamba yang Allah SWT memberinya rahmat dari sisi-Nya dan mengajarinya ilmu. Yang mana kisah tersebut terdapat dalam surah al-Kahfi di mana ayat-ayatnya dimulai dengan cerita Nabi Musa, yaitu:
“Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: ‘Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan-jalan sampai bertahun-tahun.” (QS. al-Kahfi: 60)

Kalimat yang samar menunjukkan bahwa Musa telah bertekad untuk meneruskan perjalanan selama waktu yang cukup lama kecuali jika beliau mampu mencapai majma’ al-Bahrain (pertemuan dua buah lautan). Seandainya tempat itu harus disebutkan niscaya Allah SWT akan rnenyebutkannya. Namun Al-Qur’an al-Karim sengaja menyembunyikan tempat itu, sebagaimana Al-Qur’an tidak menyebutkan kapan itu terjadi. Begitu juga, Al-Qur’an tidak menyebutkan nama-nama orang-orang yang terdapat dalam kisah itu karena adanya hikmah yang tinggi yang kita tidak mengetahuinya. Kisah tersebut berhubungan dengan suatu ilmu yang tidak kita miliki, karena biasanya ilmu yang kita kuasai berkaitan dengan sebab-sebab tertentu. Dan tidak juga ia berkaitan dengan ilmu para nabi karena biasanya ilmu para nabi berdasarkan wahyu. Kita sekarang berhadapan dengan suatu ilmu dari suatu hakikat yang samar; ilmu yang berkaitan dengan takdir yang sangat tinggi; ilmu yang dipenuhi dengan rangkaian tabir yang tebal. Di samping itu, bahkan Al-Qur’an sengaja menyembunyikan pahlawan dari kisah ini.
Allah SWT mengisyaratkan hal tersebut dalam firman-Nya:
“Seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.”(QS. al-Kahfi: 65)
Al-Qur’an al-Karim tidak menyebutkan siapa nama hamba yang dimaksud, yaitu seorang hamba yang dicari oleh Musa AS agar ia dapat belajar darinya. Nabi Musa adalah seorang yang diajak bebicara langsung oleh Allah SWT dan ia salah seorang ulul azmi dari para rasul. Beliau adalah pemilik mukjizat tongkat dan tangan yang bercahaya dan seorang Nabi yang Taurat diturunkan kepadanya tanpa melalui perantara. Namun dalam kisah ini, beliau menjadi seorang pencari ilmu yang sederhana yang harus belajar kepada gurunya dan menahan penderitaan di tengah-tengah belajarnya itu yang didalam hadis yang suci disebutkan bahwa ia adalah Khidir as. Musa berjalan bersama hamba yang menerima ilmunya dari Allah SWT tanpa sebab-sebab penerimaan ilmu yang biasa kita ketahui. Mula-mula Khidir menolak ditemani oleh Musa. Khidir memberitahu Musa bahwa ia tidak akan mampu bersabar bersamanya. Akhirnya, Khidir mau ditemani oleh Musa tapi dengan syarat, hendaklah ia tidak bertanya tentang apa yang dilakukan Khidir sehingga Khidir menceritakan kepadanya. Khidir merupakan simbol ketenangan dan diam; ia tidak berbicara dan gerak-geriknya menimbulkan kegelisahan dan kebingungan dalam diri Musa. Sebagian tindakan yang dilakukan oleh Khidir jelas-jelas dianggap sebagai kejahatan di mata Musa; sebagian tindakan Khidir yang lain dianggap Musa sebagai hal yang tidak memiliki arti apa pun; dan tindakan yang lain justru membuat Musa bingung dan membuatnya menentang. Meskipun Musa memiliki ilmu yang tinggi dan kedudukan yang luar biasa namun beliau mendapati dirinya dalam keadaan kebingungan melihat perilaku hamba yang mendapatkan karunia ilmunya dari sisi Allah SWT.
Ilmu Musa yang berlandaskan syariat menjadi bingung ketika menghadapi ilmu hamba ini yang berlandaskan hakikat. Syariat merupakan bagian dari hakikat. Terkadang hakikat menjadi hal yang sangat samar sehingga para nabi pun sulit memahaminya. Kisah ini menunjukam bahwa adanya hamba-hamba Allah SWT yang bukan termasuk nabi dan syuhada namun para nabi dan para syuhada “cemburu” dengan ilmu mereka. Kisah ini di awali pada saat Nabi Musa as berbicara di tengah-tengah Bani Israil. Ia mengajak mereka untuk menyembah Allah SWT dan menceritakan kepada mereka tentang kebenaran. Setelah beliau menyampaikan pembicaraannya, salah seorang Bani Israil bertanya: “Apakah ada di muka bumi seseorang yang lebih alim darimu wahai Nabi Allah?” Dengan nada emosi, Musa menjawab: “Tidak ada.” Allah SWT tidak setuju dengan jawaban Musa. Lalu Allah SWT mengutus Jibril untuk bertanya kepadanya: “Wahai Musa, tidakkah engkau mengetahui di mana Allah SWT meletakkan ilmu-Nya?” Musa mengetahui bahwa ia terburu-buru mengambil suatu keputusan. Jibril kembali berkata kepadanya: “Sesungguhnya Allah SWT mempunyai seorang hamba yang berada di majma’ al-Bahrain yang ia lebih alim daripada kamu.” Musa bertanya bagaimana ia dapat menemui orang alim itu. Kemudian ia mendapatkan perintah untuk pergi dan membawa ikan di keranjang. Ketika ikan itu hidup dan melompat ke lautan maka di tempat itulah Musa akan menemui hamba yang alim. Akhirnya, Musa sampai di tempat di mana ikan itu melompat. Di sanalah mereka mendapatkan seorang lelaki yang dijelaskan oleh Al-Qur’an:
“Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba -hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahrnat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami. “
Inilah aspek yang penting dalam kisah itu. Kisah itu terfokus pada sesuatu yang ada di dalam jiwa, bukan tertuju pada hal-hal yang bersifat fisik atau lahiriah. Allah SWT berfirman:
“Maka tatkala mereka berjalan sampai ke pertemuan dua buah laut itu, maka mereka lalai akan ikannya, lalu ikan itu melompat mengambil jalannya ke laut itu. Tatkala mereka berjalan lebih jauh, berkatalah Musa kepada muridnya: ‘Bawalah kemari makanan kita; sesungguhnya kita merasa letih karena perjalanan hita ini.’ Muridnya menjawab: ‘Tahukah kamu tatkala kita mencari tempat berlindung di batu tadi, maka sesungguhnya aku lupa (menceritakan tentang) ikan itu dan tidak adalah yang melupakan aku untuk menceritakannya kecuali setan dan ikan itu mengambil jalannya ke laut dengan cara yang aneh sekali.’ Musa berkata: ‘Itulah (tempat) yang kita cari; lalu keduanya kembali, mengikuti jejak mereka semula. Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami. “(QS. al-Kahfi: 61-65)
Firman Allah SWT dalam surah al-Kahfi:
“Musa berkata kepadanya: ‘Bolehkah aku mengikutimu supaya kamu mengajarkan kepadaku ilmu yang benar di antara ilmu-ilmu yang telah diajarkan kepadamu ?’ Dia menjawab: ‘Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sanggup sabar bersamaku. Dan bagaimana kamu dapat sabar atas sesuatu, yang kamu belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal itu?’ Musa berkata: ‘Insya Allah kamu akan mendapati aku sebagai orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam sesuatu urusan pun.’ Dia berkata: ‘Jika kamu mengikutiku, maka janganlah kamu menanyakan kepadaku tentang sesuatu pun, sampai aku sendiri menerangkannya kepadamu.’” (QS. al-Kahfi: 66-70)
Allah SWT berfirman:
“Maka berjalanlah keduanya, hingga tatkala keduanya menaiki perahu lalu Khidir melobanginya. Musa berkata: ‘Mengapa kamu melobangi perahu itu yang akibatnya hamu menenggelamkan penumpangnya? Sesungguhnya kamu telah berbuat sesuatu kesalahan yang besar.’ Dia (Khidir) berkata: ‘Bukankah aku telah berkata: ‘Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak akan sabar bersama dengan aku.’ Musa berkata: ‘Janganlah kamu menghukum aku karena kelupaanku dan janganlah kamu membebani aku dengan sesuatu kesulitan dalam urusanku.’ Maka berjalanlah keduanya; hingga tatkala keduanya berjumpa dengan seorang anak, maka Khidir membunuhnya. Musa berkata: ‘Mengapa kamu membunuh jiwa yang bersih itu, bukan karena dia membunuh orang lain? Sesungguhnya kamu telah melakukan suatu yang mungkar.’ Khidir berkata: ‘Bukankah sudah kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya kamu tidak akan sabar bersamaku?’ Musa berkata: ‘Jika aku bertanya kepadamu tentang sesuatu sesudah (kali) ini, maka janganlah engkau memperbolehkan aku menyertairnu, sesungguhnya kamu sudah cukup memberikan uzur kepadaku.’ Maka keduanya berjalan; hingga tatkala keduanya sampai kepada penduduk suatu negeri, mereka minta dijamu kepada penduduk negeri itu, tetapi penduduk negeri itu tidak mau menjamu mereka, kemudian keduanya mendapatkan dalam negeri itu dinding rumah yang hampir roboh, maka Khidir menegakkan dinding itu. Musa berkata: ‘Jikalau kamu mau, niscaya kamu mengambil upah untuk itu.’ Khidir berkata: ‘Inilah perpisahan antara aku dengan kamu. Aku akan memberitahukan kepadamu tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu tidak dapat sabar terhadapnya. Adapun bahtera itu adalah kepunyaan orang-orang miskin yang bekerja di laut, dan aku bertujuan merusakkan bahtera itu, karena di hadapan mereka ada seorang raja yang merampas tiap-tiap bahtera. Dan adapun anak itu maka kedua orang tuanya adalah orang-orang mukmin dan kami khawatir bahwa dia ahan mendorong orang tuanya itu kepada kesesatan dan kekafiran. Dan kami menghendaki supaya Tuhan mereha mengganti bagi mereka dengan anak yang lebih baik kesuciannya dari anaknya itu dan lebih dalam dari hasih sayangnya (kepada ibu dan bapaknya). Adapun dinding rumah itu adalah kepunyaan anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya seseorang yang saleh, maka Tuhanmu menghendaki supaya mereka sampai kepada kedewasaannya dan mengeluarkan simpanannya itu, sebagai rahmat dari Tuhanmu; dan bukanlah aku melakuhannya itu menurut kemauanku sendiri. Demikian itu adalah tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu tidak dapat sabar terhadapnya.’” (QS. al-Kahfi: 71-82)
Hamba saleh itu menyingkapkan dua hal pada Musa: ia memberitahunya bahwa ilmunya, yakni ilmu Musa sangat terbatas, kemudian ia memberitahunya bahwa banyak dari musibah yang terjadi di bumi justru di balik itu terdapat rahmat yang besar.
Demikianlah bahwa nikmat terkadang membawa sesuatu bencana dan sebaliknya, suatu bencana terkadang membawa nikmat. Banyak hal yang lahirnya baik temyata justru di balik itu terdapat keburukan. Mula-mula Nabi Allah SWT Musa menentang dan mempersoalkan tindakan hamba Allah SWT tersebut, kemudian ia menjadi mengerti ketika hamba Allah SWT itu menyingkapkan kepadanya maksud dari tindakannya dan rahmat Allah SWT yang besar yang tersembunyi dari peristiwa-peristiwa yang terjadi.


http://bias.web.id

Wednesday, June 2, 2010

Keagungan dan Kemuliaan Akhlak Nabi Muhammad SAW II


Kalau ada pakaian yang koyak, Rasulullah menambalnya sendiri tanpa
perlu menyuruh isterinya. Beliau juga memerah susu kambing untuk
keperluan keluarga maupun untuk dijual.

Setiap kali pulang ke rumah, bila dilihat tiada makanan yang sudah
siap di masak untuk dimakan, sambil tersenyum baginda menyingsing
lengan bajunya untuk membantu isterinya di dapur.

Sayidatina ‘Aisyah menceritakan: ”Kalau Nabi berada di rumah, beliau selalu membantu urusan rumahtangga.Jika mendengar azan, beliau cepat-cepat berangkat ke masjid, dan cepat-cepat pulang kembali sesudah selesai sembahyang.”


Pernah baginda pulang pada waktu pagi. Tentulah baginda amat lapar
waktu itu. Tetapi dilihatnya tiada apa pun yang ada untuk sarapan. Yang
mentah pun tidak ada karena Sayidatina ‘Aisyah belum ke pasar. Maka
Nabi bertanya,


“Belum ada sarapan ya Khumaira?” (Khumaira adalah panggilan mesra untuk
Sayidatina ‘Aisyah yang berarti ‘Wahai yang kemerah-merahan’)
Aisyah menjawab dengan agak serba salah, “Belum ada apa-apa wahai Rasulullah.” Rasulullah lantas berkata,


”Kalau begitu aku puasa saja hari ini.” tanpa sedikit tergambar rasa kesal di wajahnya.

Pernah baginda bersabda, “sebaik-baik lelaki adalah yang paling baik dan lemah lembut terhadap isterinya.”

Prihatin, sabar dan tawadhuknya baginda sebagai kepala keluarga.


Pada suatu ketika baginda menjadi imam solat. Dilihat oleh para
sahabat, pergerakan baginda antara satu rukun ke satu rukun yang lain
amat sukar sekali. Dan mereka mendengar bunyi menggerutup seolah-olah
sendi-sendi pada tubuh baginda yang mulia itu bergeser antara satu sama
lain. Sayidina Umar yang tidak tahan melihat keadaan baginda itu
langsung bertanya setelah selesai bersembahyang :


“Ya Rasulullah, kami melihat seolah-olah tuan menanggung penderitaan yang amat berat, tuan sakitkah ya Rasulullah?”


“Tidak, ya Umar. Alhamdulillah, aku sehat dan segar”


“Ya Rasulullah… mengapa setiap kali tuan menggerakkan tubuh,
kami mendengar seolah-olah sendi bergesekan di tubuh tuan?
Kami yakin engkau sedang sakit…”


desak Umar penuh cemas.

Akhirnya Rasulullah mengangkat jubahnya. Para sahabat amat terkejut.
Perut baginda yang kempis, kelihatan dililiti sehelai kain yang berisi
batu kerikil, buat menahan rasa lapar. Batu-batu kecil itulah yang
menimbulkan bunyi-bunyi halus setiap kali bergeraknya tubuh baginda.

“Ya Rasulullah! Adakah bila tuan menyatakan lapar dan tidak punya makanan, kami tidak akan mendapatkannya buat tuan?”

Lalu baginda menjawab dengan lembut, ”Tidak para sahabatku. Aku
tahu, apa pun akan engkau korbankan demi Rasulmu. Tetapi apakah akan
aku jawab di hadapan ALLAH nanti, apabila aku sebagai pemimpin, menjadi
beban kepada umatnya?” “Biarlah kelaparan ini sebagai hadiah ALLAH
buatku, agar umatku kelak tidak ada yang kelaparan di dunia ini
lebih-lebih lagi tiada yang kelaparan di Akhirat kelak.”


Baginda pernah tanpa rasa canggung sedikitpun makan di sebelah seorang tua yang penuh kudis, miskin dan kotor.


Hanya diam dan bersabar bila kain rida’nya direntap dengan kasar oleh seorang Arab Badwi hingga berbekas merah di lehernya.

Dan dengan penuh rasa kehambaan baginda membasuh tempat yang
dikencingi si Badwi di dalam masjid sebelum menegur dengan lembut
perbuatan itu.

Kecintaannya yang tinggi terhadap ALLAH swt dan rasa kehambaan dalam diri Rasulullah saw menolak sama sekali rasa ketuanan.

Anugerah kemuliaan dari ALLAH tidak dijadikan sebab untuk merasa
lebih dari yang lain, ketika di depan umum maupun dalam keseorangan.

Ketika pintu Syurga telah terbuka, seluas-luasnya untuk baginda,
baginda masih berdiri di waktu-waktu sepi malam hari, terus-menerus
beribadah, hingga pernah baginda terjatuh, lantaran kakinya sudah
bengkak-bengkak. Fisiknya sudah tidak mampu menanggung kemahuan jiwanya
yang tinggi.

Bila ditanya oleh Sayidatina ‘Aisyah, “Ya Rasulullah, bukankah
engkau telah dijamin Syurga? Mengapa engkau masih bersusah payah
begini?”

Jawab baginda dengan lunak, “Ya ‘Aisyah, bukankah aku ini hanyalah
seorang hamba? Sesungguhnya aku ingin menjadi hamba-Nya yang bersyukur.”

Rasulullah s. a. w. bersabda, “Sampaikan pesanku walau sepotong ayat”

Muhammad SAW dan Pengemis Buta
Di sudut pasar Madinah ada seorang pengemis Yahudi buta yang setiap
harinya selalu berkata kepada setiap orang yang mendekatinya, “Wahai
saudaraku, jangan dekati Muhammad, dia itu orang gila, dia itu
pembohong, dia itu tukang sihir, apabila kalian mendekatinya maka
kalian akan dipengaruhinya.”

Namun, setiap pagi Muhammad Rasulullah SAW mendatanginya dengan
membawakan makanan, dan tanpa berucap sepatah kata pun Rasulullah SAW
menyuapkan makanan yang dibawanya kepada pengemis itu sedangkan
pengemis itu tidak mengetahui bahwa yang menyuapinya itu adalah
Rasulullah SAW yang dihinanya setiap hari. Rasulullah SAW melakukan hal
ini setiap hari sampai beliau wafat.

Setelah wafatnya Rasulullah SAW, tidak ada lagi orang yang
membawakan makanan setiap pagi kepada pengemis Yahudi buta itu. Suatu
hari sahabat terdekat Rasulullah SAW yakni Abubakar RA berkunjung ke
rumah anaknya Aisyah RA yang tidak lain tidak bukan merupakan isteri
Rasulullah SAW dan beliau bertanya kepada anaknya itu, “Anakku, adakah
kebiasaan kekasihku yang belum aku kerjakan?”

Aisyah RA menjawab, “Wahai ayah, engkau adalah seorang ahli sunnah
dan hampir tidak ada satu pun kebiasaan Rasulullah yang belum ayah
lakukan kecuali satu saja.” “Apakah Itu?,” tanya Abubakar RA. “Setiap
pagi Rasulullah SAW selalu pergi ke ujung pasar dengan membawakan
makanan untuk seorang pengemis Yahudi buta yang ada disana,” kata
Aisyah RA.

Keesokan harinya Abubakar RA pergi ke pasar dengan membawa makanan
untuk diberikan kepada pengemis itu. Abubakar RA mendatangi pengemis
itu lalu memberikan makanan itu kepadanya. Ketika Abubakar RA mulai
menyuapinya, sipengemis marah sambil menghardik, ”Siapakah kamu?”
Abubakar RA menjawab, ”Aku orang yang biasa (mendatangi engkau).”
”Bukan! Engkau bukan orang yang biasa mendatangiku,” bantah si pengemis
buta itu.

”Apabila ia datang kepadaku tidak susah tangan ini memegang dan
tidak susah mulut ini mengunyah. Orang yang biasa mendatangiku itu
selalu menyuapiku, tapi terlebih dahulu dihaluskannya makanan tersebut,
setelah itu ia berikan padaku,” pengemis itu melanjutkan perkataannya.

Abubakar RA tidak dapat menahan air matanya, ia menangis sambil
berkata kepada pengemis itu, ”Aku memang bukan orang yang biasa datang
padamu. Aku adalah salah seorang dari sahabatnya, orang yang mulia itu
telah tiada. Ia adalah Muhammad Rasulullah SAW.”

Mendengar penjelasan Abubakar RA, seketika itu juga pengemis itu
meledak tangisnya, sangat menyesal, dan dalam basahnya air mata ia
berkata, ”Benarkah itu? Selama ini aku selalu menghinanya,
memfitnahnya, tapi ia tidak pernah memarahiku sedikitpun, ia
mendatangiku dengan membawa makanan setiap pagi, ia begitu mulia,
begitu agung…. ”


Pengemis Yahudi buta tersebut akhirnya bersyahadat di hadapan Abubakar RA saat itu juga dan sejak hari itu menjadi muslim.


http://www.hilman.web.id

Akibat Facebook; Kisah Istri Sholeha Yang Selingkuh Karena Khilaf Harta Dan Fisik


Dikisahkan seorang pemuda saleh, Sidiq
menikah dengan seorang wanita solehah, Anisah. Mereka berdua berasal
dari keluarga agamis, terpandang dan mulia. Kedua belah pihak merasa
sangat berbahagia dan bersyukur kepada Allah SWt. karena telah
dikaruniai pasangan yang sesuai dan cocok dengan hati. Hari-hari yang
mereka jalani penuh dengan keceriaan dan kemesraan.

Sidiq kesehariannya bekerja diluar rumah. Ia berangkat pada pagi
hari dan pulang pada sore hari. Anisah tinggal dirumah sendirian. Untuk
menghibur hati sang istri dan teman dikala kesepian Sidiq membelikan
Anisah komputer. Komputer tersebut diletakkan didalam kamar dan
disambungkan padanya internet. Awalnya Anisah tidak tahu apa-apa
tentang komputer. Sidiqlah yang mengajarkan cara penggunaan komputer.
Hingga pada akhirnya Anisah sudah biasa menggunakan komputer sendiri
dengan baik.

Sehabis menyelesaikan pekerjaan rumah, Anisah memanfaatkan waktunya
didepan komputer, mengakses berita dan mengikuti perkembangan dunia
Islam. Waktu pun terus berjalan dan kehidupan mereka tetap harmonis dan
tentram. Sehingga sampai pada suatu hari, Anisah masuk ruang chating
dan disanalah ia mulai berkenalan dengan banyak orang. Awalnya hanya
tanya jawab tentang nama, tempat tinggal, sehingga karena sudah
keasyikan pembicaraan menjadi panjang dan lebar. Telah banyak teman dan
kenalan Anisah di ruang chating. Dan setiap hari sehabis pekerjaan
rumah, Anisah lebih banyak menghabiskan waktunya untuk chating.

Hingga pada suatu ketika, Anisah berkenalan dengan seorang pemuda di
ruang chating, namanya Fatih. Chating mereka lakukan dengan menggunakan
kamera. Sehingga diantara mereka saling melihat. Awalnya pembicaran
mereka hanya berkisar tanya nama, tempat tinggal dan lainnya. Namun
chating ini terus berlangsung setiap hari. Sehingga timbullah rasa suka
dihati Fatih pada Anisah. Ia mulai bermanis kata dan merayu. Fatih
mulai berkata-kata yang membuat tersentuh hati Anisah. Setan pun tak
tinggal diam. Membisikkan kedalam hati Anisah hal-hal yang tidak baik.
Anisah berusaha untuk menolak dan melawannya. Namun karena mereka
chating setiap hari, dengan saling melihat, akhirnya sedikit demi
sedikit timbullah dihati Anisah perasaan suka pada Fatih. Sebenarnya
Fatih menyukai Anisah hanya karena kecantikan wajahnya saja, rasa suka
yang berlandaskan pada hasrat nafsu. Dan akhirnya Anisah juga terpedaya
dengan kata-kata dan ketampanan Fatih yang menjadi teman chatingnya
setiap hari tersebut.

Chating itupun terus berlangsung. Dan Sidiq tidak menaruh curiga
pada Anisah. Karena ia sangat percaya pada Anisah. Dan Anisah pun
sangat pandai menyimpan rahasia. Namun sesuatu yang busuk bagaimanapun
pintar menyimpan akan ketahuan juga baunya. Akhirnya Sidiq mulai curiga
dengan gelagat Anisah, sehingga setelah ia selidiki akhirnya ia
mengetahui bahwa Anisah telah menjalin hubungan gelap dengan seorang
pemuda di ruang chating. Fatih sangat marah dan akhirnya ia menjual
komputer tersebut. Dan memperingatkan Anisah untuk segera bertobat pada
Allah Swt. dan meninggalkan pemuda tersebut. Anisah pun mengakui
kesalahannya.

Namun, karena hati telah diberikan pada syetan dan hawa nafsu selama
ini, Anisah merasa masih sulit menghilangkan bayangan Fatih dari
pikirannya. Hatinya telah terpaut pada Fatih. Sehingga tanpa diketahui
oleh Sidiq, Anisah menghubungi Fatih lewat telpon. Ia menceritakan apa
yang terjadi dengan dirinya pada Fatih dan tentang perasaannya pada
Fatih. Rupanya Fatih telah berhasil menjaring mangsanya. Iapun
memanfaatkan kesempatan tersebut, ia mulai merayu dan menggombal. Ia
berkata,

“Kalau kamu menyukai dan mencintai saya, tinggalkanlah suamimu!
Minta cerailah darinya! Saya akan datang untuk melamarmu dan kamu akan
hidup tentram dan bahagia dengan saya.”

Anisah yang telah goyah dan lemah imannya ini mulai terpedaya dengan
bujuk rayu dan janji-janji Fatih. Ia telah dipengaruhi oleh syetan dan
nafsu, ia lebih memilih Fatih dari pada suaminya. Anisah tidak sadar
bahwa syetan dan nafsu sedang menipunya dan ingin menghancurkan dirinya
dan kehidupan rumah tangganya.

Akhirnya, Anisah minta cerai pada Sidiq. Dan terjadilah perceraian
yang tidak diharapkan tersebut. Anisah pulang kerumah orang tuanya.
Keluarganya sangat menyesalkan perceraian tersebut. Dan mulailah Anisah
berhubungan dengan Fatih. Fatih sering datang kerumah Anisah dan
terkadang mengajaknya keluar rumah, dengan mobil mewah yang dimiliki
Fatih.

Hari dan minggu terus berganti, namun Fatih belum juga melamar
Anisah. Mereka masih menjalani pacaran. Sampai pada suatu malam, Fatih
mengajak Anisah menginap di sebuah hotel dan pada malam itu terjadilah
perselingkuhan, terjadilah hubungan yang diharamkan oleh Allah Swt.,
mereka berzina. Mereka telah dikuasai oleh hasrat nafsu dan syetan.

Hari dan bulan terus berganti, tapi Fatih belum juga datang untuk
melamar Anisah. Anisah sangat gelisah dan tidak bisa tenang, ia selalu
diberi janji yang tak pasti. Dan sampai pada suatu hari Fatih berkata
pada Anisah,

” Wahai wanita yang hina, apakah engkau mengira aku akan menikah
dengan wanita seperti dirimu, tidak akan pernah! Aku tidak akan mau
menikah dengan wanita murahan seperti dirimu. Engkau tidak lagi
berharga, engkau adalah wanita kotor dan hina, engkau tidak layak
menikah dengan pemuda terpandang seperti diriku. Aku yakin, kalau
sekali sudah berkhianat, kelak engkau berkhianat lagi. Kalaupun engkau
kunikahi, kelak bila engkau bertemu pemuda yang lebih ganteng dan lebih
kaya dariku pasti engkau akan meninggalkan diriku, sebagaimana engkau
telah meninggalkan suami mu yang baik-baik itu. Dan aku tidak mau hal
itu terjadi pada diriku, sekarang pergi engkau dari sisiku! Jangan
temui aku lagi, aku tidak mau lagi melihat mukamu, aku sudah muak
dengan dirimu.”

Anisah pun berlalu pergi dengan membawa luka mendalam di hatinya.
Hidupnya telah hancur. Masa depannya telah gelap. Ia telah salah selama
ini menilai. Ia telah tertipu dan terpedaya. Penyesalan tidak ada lagi
gunanya. Kembali pada suami yang pertama, tak akan mungkin suaminya mau
menerima dengan keadaan dirinya saat ini, kembali pada keluarganya, ia
merasa malu, ia tidak tahu harus melangkah kemana dan mengadu pada
siapa. Hanya kepada Allah Swt. Mengadukan segala kelukaan dan kesalahan
yang dilakukan selama ini. Anisah telah menyadari kekeliruannya dan
sangat menyesal atas apa yang telah ia lakukan. Tapi, semuanya sudah
terlambat.

* * *

Kisah diatas telah memberi kita pelajaran berharga, pelajaran yang
sangat berguna dalam kehidupan kita. Bagaimanapun baik dan solehnya
seseorang namun ia tidak akan bisa selamat dan bisa memelihara dirinya
jikalau ia sendiri telah memberikan dirinya untuk di belenggu syetan
dan hawa nafsu. Kisah diatas hanya satu dari puluhan dan bahkan lebih,
dari kisah-kisah yang pernah terjadi. Betapa sering hubungan rumah
tangga retak dan pecah karena tidak terkontrolnya dan terjaganya
interaksi dengan lawan jenis.

Semoga menjadi bahan renungan dan pelajaran bagi kita semua, insya Allah.

Wassalam



http://www.hilman.web.id/

Dzulqarnain dalam Surah Al Kahfi adalah Raja Cyrus II, Bukan Alexander The Great



Allahu Laa illaha illallah. Huwa-rahmaanur-rahiim.Al Malikul
Quddusu-ssalaamul mu`minul muhaiminul aziizul jabbar Menurut kami yang
namannya Dzulqarnain didalam Surah Al Kahfi adalah raja Koresh (Kurush)
atau juga dikenal dengan Cyrus II raja Persia, dengan alasan sebagai
berikut :

1. Kata Dzulqarnain yang berbentuk kiasan "mempunyai
dua kekuasaan atau kerajaan" atau "dua tanduk" artinya seorang penguasa
atau raja yang memiliki atau terbentuk dari 2 kerajaan. Dalam sejarah
kita mengetahui bahwa Kerajaan Koresh (Persia) dibentuk dengan
menyatukan 2 kerajaan sebelumnya yaitu kerajaan Media dan Anshan pada
tahun 549 SM.
2. Dzulqarnain adalah orang beriman pada Allah,
tidak mungkin menyembah Dewa-dewa seperti halnya Alexander (Iskandar),
menurut buku yang pernah kami baca memang Koresh adalah seorang raja
Muslim yang mengikuti agama Tauhid yang dibawa oleh seorang nabi Persia
Zaratushtra yang sekarang agamanya menyimpang disebut dengan Zoroaster.
Cyrus the Great penganut yang taat dari agama Zarathustra. Di
sekolah-sekolah diajarkan bahwa agama Zarathustra menyembah Dua Tuhan,
yaitu Tuhan Terang Ahura Mazda (ormuzd) dan Tuhan Gelap, Angra Manyu
(Ahriman). Namun dewasa ini ada aliran agama Zarathustra di Amerika yang
bersemboyan: "Kembali ke Gatha", mereka ini berkeyakinan Zarathustra
tidak mengajarkan dua tuhan, melainkan Zarathustra mengajarkan Satu
Tuhan, yaitu Ahura Mazda menciptakan Angra Manyu, seperti Allah
menciptakan iblis dalam agama Yahudi, Nashrani dan Islam.
3.
Berkaitan dengan kisah Ya`juj dan Ma`juj (Gog and Magog), Dzulqarnain
disebutkan menyerbu ke barat tempat matahari terbenam. Dalam sejarah
diketahui memang raja Koresh menyerbu ke barat tepatnya kerajaan Lydia
di Turki paling barat sekarang dimana sang raja (Croesus) diampuni dan
tidak dibunuhnya ! ini terjadi pada tahun 547-546 SM.
4. Kemudian
disebutkan menyerbu ke timur yaitu tempat matahari terbit. Dalam
sejarah dengan mudah diketahui bahwa yang dimaksud adalah bangsa India!
yang memang ia taklukkan pada 546-545 SM.
5. Kemudian disebutkan
kewilayah diantara gunung-gunung dimana terdapat bangsa pengacau Ya`juj
wa Ma`juj. Dalam sejarah yang kami ketahui memang raja Koresh menyerbu
wilayah Armenia dikaki pegunungan Kaukasus pada 537 SM (setelah
penaklukan Babylonia pada 539 SM).
6. Kita mengetahui bahwa ia
membangun tembok dari campuran besi dan tembaga yang diperkirakan berada
dekat kota Derbent sekarang (Dagestan), ternyata bahwa Alexander the
Great tidak pernah menguasai peg. Kaukasus !! Derbent ditemukan pada
tahun 438 Masehi oleh bangsa Persia sebagai pertahanan yang strategis
yakni berupa Pintu Besi dengan ukuran panjang 50 meter, tinggi 9 meter,
dan tebal 3 meter. Kemudian oleh kaum persia pada abad ke- 6M dijadikan
benteng dan diberi nama Tembok Kaukasia (Caucasian Wall) untuk menahan
serangan pendatang-pendatang dari daerah Utara.
7. Kita juga
mengetahui bahwa Koresh dengan baik hati mempersilahkan bangsa Yahudi
kembali ke tanah Palestina setelah terusir oleh bangsa Babil Khaldea
sejak 586 SM. Cyrus II inilah yg membebaskan orang2 Yahudi yg diasingkan
di Babylonia sejak invasi Nebuchadnezar dan mengembalikan orang2 Yahudi
ke Yerusalem utk membangun Bait Suci ( Bet El Makdesh ) yg kedua
kalinya. Cyrus II terkenal krn pemerintahannya yg adil terhadap semua
bangsa taklukannya. Cyrus II meneruskan tradisi sejak raja2 Babylonia
yaitu membiarkan wilayah2 taklukannya diperintah oleh orang Lokal dan
dilain pihak mereka merekrut orang2 pilihan dari setiap wilayah
taklukannya untuk menjadi pajabat di Istana Raja.
8. Kembali pada
kronologis penaklukannya dalam surah Al Kahfi, disebutkan ke barat,
timur dan ke pegunungan, dimana hal ini telah dilakukan Koresh. Hal ini
tidak mungkin dilakukan oleh Alexander the Great yang asalnya dari barat
!!
9. Al Qur'an Surat Kahfi menyebut "Zulkarnain" bukan
"Iskandar atau Alexander". Ini membuktikan bahwa Zulkarnain jelas bukan
Iskandar/Alexander "the Great."
10. Bisa jadi kata-kata Arab suku
Quraisy diambil dari nama raja Persia Koresh yang memang "the Great"
,"Agung" , "Magnus" dalam arti sebenarnya yang dekat dengan wilayah
Arab. Bukankah nama aslinya Fihr bergelar "Quraisy" ?
11. Surat
Al Kahfi tsb turun dengan latar belakang para pendeta Yahudi yang hendak
menguji kenabian Muhammad SAW ! mereka menanyakan "Zulkarnain" kepada
Nabi SAW dimana mereka tentu sangat mengenal Zulqarnain tsb yakni Cyrus
II yang telah membebaskan mereka dari Babylonia ke Baitul Maqdis
(yerusalem) !!

Makam Cyrus II ( The Great ) / Dhulqarnaim
di Iran yang masih ada sampai sekarang, tidak ada lambang/patung atau
gambaran berhala / dewa2 dalam makamnya yg polos dan sederhana - utk
ukuran seorang raja besar dalam sejarah.

Umar bin Abdul Aziz, Pemimpin Keturunan Umar bin Khatab yang zuhud dan bertaqwa



Saat itu tengah malam di
kota Madinah. Kebanyakan warga kota sudah tidur. Umar bin Khatab r.a.
berjalan menyelusuri jalan-jalan di kota. Dia coba untuk tidak
melewatkan satupun dari pengamatannya. Menjelang dini hari, pria ini
lelah dan memutuskan untuk beristirahat. Tanpa sengaja, terdengarlah
olehnya percakapan antara ibu dan anak perempuannya dari dalam rumah
dekat dia beristirahat.

“Nak, campurkanlah susu yang engkau perah tadi dengan air,” kata sang ibu.

“Jangan ibu. Amirul mukminin sudah membuat peraturan untuk tidak menjual susu yang dicampur air,” jawab sang anak.

“Tapi
banyak orang melakukannya Nak, campurlah sedikit saja. Tho insyaallah
Amirul Mukminin tidak mengetahuinya,” kata sang ibu mencoba meyakinkan
anaknya.

“Ibu, Amirul Mukminin mungkin tidak mengetahuinya. Tapi, Rab dari Amirul Mukminin pasti melihatnya,” tegas si anak menolak.


Mendengar percakapan ini,
berurailah air mata pria ini. Karena subuh menjelang, bersegeralah dia
ke masjid untuk memimpin shalat Subuh. Sesampai di rumah, dipanggilah
anaknya untuk menghadap dan berkata, “Wahai Ashim putra Umar bin
Khattab. Sesungguhnya tadi malam saya mendengar percakapan istimewa.
Pergilah kamu ke rumah si anu dan selidikilah keluarganya.”

Ashim
bin Umar bin Khattab melaksanakan perintah ayahndanya yang tak lain
memang Umar bin Khattab, Khalifah kedua yang bergelar Amirul Mukminin.
Sekembalinya dari penyelidikan, dia menghadap ayahnya dan mendengar
ayahnya berkata,

“Pergi
dan temuilah mereka. Lamarlah anak gadisnya itu untuk menjadi isterimu.
Aku lihat insyaallah ia akan memberi berkah kepadamu dan anak
keturunanmu. Mudah-mudahan pula ia dapat memberi keturunan yang akan
menjadi pemimpin bangsa.”

Begitulah,
menikahlah Ashim bin Umar bin Khattab dengan anak gadis tersebut. Dari
pernikahan ini, Umar bin Khattab dikaruniai cucu perempuan bernama
Laila, yang nantinya dikenal dengan Ummi Ashim.
Suatu malam setelah itu, Umar bermimpi. Dalam mimpinya dia melihat
seorang pemuda dari keturunannya, bernama Umar, dengan kening yang
cacat karena luka. Pemuda ini memimpin umat Islam seperti dia memimpin
umat Islam. Mimpi ini diceritakan hanya kepada keluarganya saja. Saat
Umar meninggal, cerita ini tetap terpendam di antara keluarganya.

Pada
saat kakeknya Amirul Mukminin Umar bin Khattab terbunuh pada tahun 644
Masehi, Ummi Ashim turut menghadiri pemakamannya. Kemudian Ummi Ashim
menjalani 12 tahun kekhalifahan Ustman bin Affan sampai terbunuh pada
tahun 656 Maserhi. Setelah itu, Ummi Ashim juga ikut menyaksikan 5
tahun kekhalifahan Imam Ali bin Abi Thalib r.a. Hingga akhirnya
Muawiyah berkuasa dan mendirikan Dinasti Umayyah.

Pergantian
sistem kekhalifahan ke sistem dinasti ini sangat berdampak pada Negara
Islam saat itu. Penguasa mulai memerintah dalam kemewahan. Setelah
penguasa yang mewah, penyakit-penyakit yang lain mulai tumbuh dan
bersemi. Ambisi kekuasaan dan kekuatan, penumpukan kekayaan, dan
korupsi mewarnai sejarah Islam dalam Dinasti Umayyah. Negara bertambah
luas, penduduk bertambah banyak, ilmu pengetahuan dan teknologi
berkembang, tapi orang-orang semakin merindukan ukhuwah persaudaraan,
keadilan dan kesahajaan Ali, Utsman, Umar, dan Abu Bakar. Status
kaya-miskin mulai terlihat jelas, posisi pejabat-rakyat mulai terasa.
Kafir dhimni pun mengeluhkan resahnya, “Sesungguhnya kami merindukan
Umar, dia datang ke sini menanyakan kabar dan bisnis kami. Dia tanyakan
juga apakah ada hukum-hukumnya yang merugikan kami. Kami ikhlas
membayar pajak berapapun yang dia minta. Sekarang, kami membayar pajak
karena takut.”

Kemudian
Muawiyah membaiat anaknya Yazid bin Muawiyah menjadi penggantinya.
Tindakan Muawiyah ini adalah awal malapetaka dinasti Umayyah yang dia
buat sendiri. Yazid bukanlah seorang amir yang semestinya. Kezaliman
dilegalkan dan tindakannya yang paling disesali adalah membunuh
sahabat-sahabat Rasul serta cucunya Husein bin Ali bin Abi Thalib.
Yazid mati menggenaskan tiga hari setelah dia membunuh Husein.

Akan
tetapi, putra Yazid, Muawiyah bin Yazid, adalah seorang ahli ibadah.
Dia menyadari kesalahan kakeknya dan ayahnya dan menolak menggantikan
ayahnya. Dia memilih pergi dan singgasana dinasti Umayah kosong.
Terjadilah rebutan kekuasaan dikalangan bani Umayah. Abdullah bin
Zubeir, seorang sahabat utama Rasulullah dicalonkan untuk menjadi
amirul mukminin. Namun, kelicikan mengantarkan Marwan bin Hakam, bani
Umayah dari keluarga Hakam, untuk mengisi posisi kosong itu dan
meneruskan sistem dinasti. Marwan bin Hakam memimpin selama sepuluh
tahun lebih dan lebih zalim daripada Yazid.

Kelahiran Umar bin Abdul Aziz

Saat
itu, Ummi Ashim menikah dengan Abdul Aziz bin Marwan. Abdul Aziz adalah
Gubernur Mesir di era khalifah Abdul Malik bin Marwan (685 – 705 M)
yang merupakan kakaknya. Abdul Mallik bin Marwan adalah seorang shaleh,
ahli fiqh dan tafsir, serta raja yang baik terlepas dari permasalahan
ummat yang diwarisi oleh ayahnya (Marwan bin Hakam) saat itu.

Dari perkawinan itu, lahirlah Umar bin Abdul Aziz. Beliau dilahirkan di Halawan, kampung yang terletak di Mesir, pada tahun 61 Hijrah. Umar
kecil hidup dalam lingkungan istana dan mewah. Saat masih kecil Umar
mendapat kecelakaan. Tanpa sengaja seekor kuda jantan menendangnya
sehingga keningnya robek hingga tulang keningnya terlihat. Semua orang
panik dan menangis, kecuali Abdul Aziz seketika tersentak dan
tersenyum. Seraya mengobati luka Umar kecil, dia berujar,

“Bergembiralah
engkau wahai Ummi Ashim. Mimpi Umar bin Khattab insyaallah terwujud,
dialah anak dari keturunan Umayyah yang akan memperbaiki bangsa ini.“

Umar
bin Abdul Aziz menuntut ilmu sejak beliau masih kecil. Beliau sentiasa
berada di dalam majlis ilmu bersama-sama dengan orang-orang yang pakar
di dalam bidang fikih dan juga ulama-ulama. Beliau telah menghafaz
al-Quran sejak masih kecil. Merantau ke Madinah untuk menimba ilmu
pengetahuan. Beliau telah berguru dengan beberapa tokoh terkemuka spt
Imam Malik b. Anas, Urwah b. Zubair, Abdullah b. Jaafar, Yusuf b.
Abdullah dan sebagainya. Kemudian beliau melanjutkan pelajaran dengan
beberapa tokoh terkenal di Mesir.


Semasa Khalifah Walid
bin Abdul Malik memerintah, beliau memegang jawatan gabernur
Madinah/Hijaz dan berjaya mentadbir wilayah itu dengan baik. Ketika itu
usianya lebih kurang 28 tahun. Pada zaman Sulaiman bin Abdul Malik
memerintah, beliau dilantik menjadi menteri kanan dan penasihat utama
khalifah. Pada masa itu usianya 33 tahun.


Umar bin Abdul Aziz mempersunting Fatimah binti Abdul Malik bin Marwan sebagai istrinya. Fatimah binti Abdul Malik bin Marwan adalah putri dari khalifah Abdul
Malik bin Marwan. Demikian juga, keempat saudaranya pun semua khalifah,
yaitu Al Walid Sulaiman, Al Yazid, dan Hisyam. Ketika Fatimah dipinang
untuk Umar bin Abdul Aziz, pada waktu itu Umar masih layaknya orang
kebanyakan bukan sebagai calon pemangku jabatan khalifah.

Pengangkatan Umar bin Abdul Aziz sebagai Khalifah


Atas wasiat yang dikeluarkan oleh khalifah Sulaiman bin Abdul Malik, Umar bin Abdul Aziz diangkat menjadi khalifah pada usianya 37 tahun. Beliau
dilantik menjadi Khalifah selepas kematian Sulaiman bin Abdul Malik
tetapi beliau tidak suka kepada pelantikan tersebut. Lalu beliau
memerintahkan supaya memanggil orang ramai untuk mendirikan sembahyang.
Selepas itu orang ramai mula berpusu-pusu pergi ke masjid. Apabila
mereka semua telah berkumpul, beliau bangun menyampaikan ucapan. Lantas
beliau mengucapkan puji-pujian kepada Allah dan berselawat kepada Nabi
s.a.w kemudian beliau berkata:


“Wahai sekalian umat manusia! Aku telah diuji untuk memegang tugas ini
tanpa meminta pandangan daripada aku terlebih dahulu dan bukan juga
permintaan daripada aku serta tidak dibincangkan bersama dengan umat
Islam. Sekarang aku membatalkan baiah yang kamu berikan kepada aku dan
pilihlah seorang Khalifah yang kamu reda”.

Tiba-tiba orang ramai serentak berkata:

“Kami telah memilih kamu wahai Amirul Mukminin dan kami juga reda
kepada kamu. Oleh yang demikian perintahlah kami dengan kebaikan dan
keberkatan”.


Lalu beliau berpesan kepada orang ramai supaya bertakwa, zuhud
kepada kekayaan dunia dan mendorong mereka supaya cintakan akhirat
kemudian beliau berkata pula kepada mereka: “Wahai sekalian umat
manusia! Sesiapa yang taat kepada Allah, dia wajib ditaati dan sesiapa
yang tidak taat kepada Allah, dia tidak wajib ditaati oleh sesiapapun.
Wahai sekalian umat manusia! Taatlah kamu kepada aku selagi aku taat
kepada Allah di dalam memimpin kamu dan sekiranya aku tidak taat kepada
Allah, janganlah sesiapa mentaati aku”. Setelah itu beliau turun dari
mimbar.

Umar
rahimahullah pernah menghimpunkan sekumpulan ahli fekah dan ulama
kemudian beliau berkata kepada mereka: “Aku menghimpunkan kamu semua
untuk bertanya pendapat tentang perkara yang berkaitan dengan barangan
yang diambil secara zalim yang masih berada bersama-sama dengan
keluarga aku?” Lalu mereka menjawab: “Wahai Amirul Mukminin! perkara
tersebut berlaku bukan pada masa pemerintahan kamu dan dosa kezaliman
tersebut ditanggung oleh orang yang mencerobohnya.” Walau bagaimanapun
Umar tidak puas hati dengan jawapan tersebut sebaliknya beliau menerima
pendapat daripada kumpulan yang lain termasuk anak beliau sendiri Abdul
Malik yang berkata kepada beliau: “Aku berpendapat bahawa ia hendaklah
dikembalikan kepada pemilik asalnya selagi kamu mengetahuinya.
Sekiranya kamu tidak mengembalikannya, kamu akan menanggung dosa
bersama-sama dengan orang yang mengambilnya secara zalim.” Umar berpuas
hati mendengar pendapat tersebut lalu beliau mengembalikan semula
barangan yang diambil secara zalim kepada pemilik asalnya.

Sesudah Umar bin Abdul Aziz diangkat menjadi khalifah dan Amirul
Mukminin, Umar langsung mengajukan pilihan kepada Fatimah, isteri
tercinta.


Umar berkata kepadanya, “Isteriku sayang, aku harap engkau memilih satu di antar dua.”

Fatimah bertanya kepada suaminya, “Memilih apa, kakanda?”

Umar
bin Abdul Azz menerangkan, “Memilih antara perhiasan emas berlian yang
kau pakai dengan Umar bin Abdul Aziz yang mendampingimu.”

Kata Fatimah, “Demi Allah, Aku tidak memilih pendamping lebih mulia daripadamu, ya Amirul Mukminin. Inilah emas permata dan seluruh perhiasanku.”


Kemudian Khalifah Umar bin Abdul Aziz menerima semua perhiasan itu dan
menyerahkannya ke Baitulmal, kas Negara kaum muslimin. Sementara Umar
bin Abdul Aziz dan keluarganya makan makanan rakyat biasa, yaitu roti
dan garam sedikit.


Setelah menjadi
khalifah, beliau mengubah beberapa perkara yang lebih mirip kepada
sistem feodal. Di antara perubahan awal yang dilakukannya ialah :

1)
menghapuskan cacian terhadap Saidina Ali b Abu Thalib dan keluarganya
yang disebut dalam khutbah-khutbah Jumaat dan digantikan dengan
beberapa potongan ayat suci al-Quran


2) merampas kembali harta-harta yang disalahgunakan oleh keluarga Khalifah dan mengembalikannya ke Baitulmal


3) memecat pegawai-pegawai yang
tidak cekap, menyalahgunakan kuasa dan pegawai yang tidak layak yang
dilantik atas pengaruh keluarga Khalifah


4) menghapuskan pegawai pribadi
bagi Khalifah sebagaimana yang diamalkan oleh Khalifah terdahulu. Ini
membolehkan beliau bebas bergaul dengan rakyat jelata tanpa sekatan
tidak seperti khalifah dahulu yang mempunyai pengawal peribadi dan
askar-askar yang mengawal istana yang menyebabkan rakyat sukar
berjumpa.


Selain daripada itu, beliau amat menitilberatkan tentang kebajikan
rakyat miskin di mana beliau juga telah menaikkan gaji buruh sehingga
ada yang menyamai gaji pegawai kerajaan.


Beliau juga amat menitikberatkan penghayatan agama di kalangan
rakyatnya yang telah lalai dengan kemewahan dunia. Khalifah umar telah
memerintahkan umatnya mendirikan solat secara berjammah dan
masjid-masjid dijadikan tempat untuk mempelajari hukum Allah
sebegaimana yang berlaku di zaman Rasulullah SAW
dan para Khulafa’ Ar-Rasyidin. Baginda turut mengarahkan Muhammad b Abu
Bakar Al-Hazni di Mekah agar mengumpul dan menyusun hadith-hadith
Raulullah SAW. Beliau juga meriwayatkan hadis dari sejumlah tabiin lain dan banyak pula ulama hadis yang meriwayatkan hadis daripada beliau.

Dalam
bidang ilmu pula, beliau telah mengarahkan cendikawan Islam supaya
menterjemahkan buku-buku kedoktoran dan pelbagai bidang ilmu dari
bahasa Greek, Latin dan Siryani ke dalam bahasa Arab supaya senang
dipelajari oleh umat Islam.


Dalam mengukuhkan lagi dakwah Islamiyah, beliau telah menghantar 10
orang pakar hukum Islam ke Afrika Utara serta menghantar beberapa orang
pendakwah kepada raja-raja India, Turki dan Barbar di Afrika Utara
untuk mengajak mereka kepada Islam. Di samping itu juga beliau telah
menghapuskan bayaran Jizyah yang dikenakan ke atas orang yang bukan
Islam dengan harapan ramai yang akan memeluk Islam.


Khalifah Umar bin Abdul Aziz yang terkenal dengan keadilannya telah
menjadikan keadilan sebagai keutamaan pemerintahannya. Beliau ingin
semua rakyat dilayani dengan adil tidak memandang keturunan dan pangkat
supaya keadilan dapat berjalan dengan sempurna. Keadilan yang beliau
perjuangan adalah menyamai keadilan di zaman kakeknya, Khalifah Umar
Al-Khatab.


Pada
masa pemerintahan beliau, kerajaan Umaiyyah semakin kuat tiada
pemberontakan dalaman, kurang berlaku penyelewengan, rakyat mendapat
layanan yang sewajarnya dan menjadi kaya-raya hinggakan Baitulmal penuh
dengan harta zakat kerana tiada lagi orang yang mahu menerima zakat.
Rakyat umumnya sudah kaya ataupun sekurang-kurangnya mau berdikari
sendiri. Pada
zaman pemerintahan Umar bin Abdul Aziz ra, pasukan kaum muslimin sudah
mencapai pintu kota Paris di sebelah barat dan negeri Cina di sebelah
timur. Pada waktu itu kekausaan pemerintahan di Portugal dan Spanyol
berada di bawah kekuasaannya.

Kematian beliau

Beliau wafat pada tahun 101 Hijrah ketika berusia 39 tahun. Beliau memerintah hanya selama 2 tahun 5 bulan saja. Setelah beliau wafat, kekhalifahan digantikan oleh iparnya, Yazid bin Abdul Malik.

Muhammad
bin Ali bin Al-Husin rahimahullah berkata tentang beliau: “Kamu telah
sedia maklum bahwa setiap kaum mempunyai seorang tokoh yang menonjol
dan tokoh yang menonjol dari kalangan Bani Umaiyyah ialah Umar bin
Abdul Aziz, beliau akan dibangkitkan di hari kiamat kelak seolah-olah
beliau satu umat yang berasingan.”

Terdapat banyak riwayat dan athar para sahabat yang menceritakan tentang keluruhan budinya. Di antaranya ialah :

1)
At-Tirmizi meriwayatkan bahwa Umar Al-Khatab telah berkata : “Dari
anakku (zuriatku) akan lahir seorang lelaki yang menyerupainya dari
segi keberaniannya dan akan memenuhkan dunia dengan keadilan”

2)
Dari Zaid bin Aslam bahawa Anas bin Malik telah berkata : “Aku tidak
pernah menjadi makmum di belakang imam selepas wafatnya Rasulullah SAW yang mana solat imam tersebut menyamai solat Rasulullah SAW melainkan daripada Umar bin Abdul Aziz dan beliau pada masa itu adalah Gabenor Madinah”

3)
Al-Walid bin Muslim menceritakan bahawa seorang lelaki dari Khurasan
telah berkata : “Aku telah beberapa kali mendengar suara datang dalam
mimpiku yang berbunyi : “Jika seorang yang berani dari Bani Marwan
dilantik menjadi Khalifah, maka berilah baiah kepadanya kerana dia
adalah pemimpin yang adil”.” Lalu aku menanti-nanti sehinggalah Umar b.
Abdul Aziz menjadi Khalifah, akupun mendapatkannya dan memberi baiah
kepadanya”.

4)
Qais bin Jabir berkata : “Perbandingan Umar b Abdul Aziz di sisi Bani
Ummaiyyah seperti orang yang beriman di kalangan keluarga Firaun”

5)
Hassan al-Qishab telah berkata :”Aku melihat serigala diternak bersama
dengan sekumpulan kambing di zaman Khalifah Umar Ibnu Aziz”

6)
Umar b Asid telah berkata :”Demi Allah, Umar Ibnu Aziz tidak meninggal
dunia sehingga datang seorang lelaki dengan harta yang bertimbun dan
lelaki tersebut berkata kepada orang ramai :”Ambillah hartaku ini
sebanyak mana yang kamu mahu”. Tetapi tiada yang mahu menerimanya
(kerana semua sudah kaya) dan sesungguhnya Umar telah menjadikan
rakyatnya kaya-raya”

7)
‘Atha’ telah berkata : “Umar Abdul Aziz mengumpulkan para fuqaha’
setiap malam. Mereka saling ingat memperingati di antara satu sama lain
tentang mati dan hari qiamat, kemudian mereka sama-sama menangis kerana
takut kepada azab Allah seolah-olah ada jenayah di antara mereka.”

Wallahu a’lam…

sumber:


http://cafe.degromiest.nl/node/260

http://permai1.tripod.com/umaraziz.html

http://kotasantri.com/galeria.php?aksi=DetailArtikel&artid=120

===============================

Fatimah
binti Abdul Malik bin Marwan dibesarkan dalam sekolah Islam dan
terdidik dengan ilmu Al-Qur’an. Ayahnya adalah seorang khalifah. Abdul
Malik bin Marwan dan suaminya juga seorang khalifah, yakni Umar bin
Abdul Aziz. Keempat saudaranya pun semua khalifah, yaitu Al Walid
Sulaiman, Al Yazid, dan Hisyam.

Ketika Fatimah dipinang untuk
Umar bin Abdul Aziz, pada waktu itu Umar masih layaknya orang
kebanyakan bukan sebagai calon pemangku jabatan khalifah. Sebagai
putera dan saudari para khalifah, perkawinan Fatimah dirayakan dengan
resmi dan besar-besaran, dan ditata dengan perhiasan emas mutu-manikam
yang tiada ternilai indah dan harganya. Namun sesudah perkawinannya
usai, sesudah Umar bin Abdul Aziz diangkat menjadi khalifah dan Amirul
Mukminin, Umar langsung mengajukan pilihan kepada Fatimah, isteri
tercinta. Umar berkata kepadanya, “Isteriku sayang, aku harap engkau
memilih satu di antar dua.”

Fatimah bertanya kepada suaminya, “Memilih apa, kakanda?”

Umar bin Abdul Azz menerangkan,
“Memilih antara perhiasan emas berlian yang kau pakai atau Umar bin
Abdul Aziz yang mendampingimu.”


“Demi Allah,” kata Fatimah,
“Aku tidak memilih pendamping lebih mulia daripadamu, ya Amirul
Mukminin. Inilah emas permata dan seluruh perhiasanku.”






Hikmah 1 : Kezuhudan beliau dan keluarganya


Kemudian Khalifah Umar bin Abdul Aziz menerima semua perhiasan
itu dan menyerahkannya ke Baitulmal, kas Negara kaum muslimin.
Sementara Umar bin Abdul Aziz dan keluarganya makan makanan rakyat
biasa, yaitu roti dan garam sedikit.
Pada suatu hari raya puteri-puterinya datang kepadanya, “Ya Ayah, besok hari raya. Kami tidak punya baju baru…”


Mendengar keluhan puteri-puterinya itu, khalifah Umar berkata kepada mereka. “Wahai
puteri-puteriku sayang, hari raya itu bukan bagi orang yang berbaju
baru, akan tetapi bagi yang takut kepada ancaman Allah.”

Mengetahui hal tersebut,
pengelola baitulmal berusaha menengahi, “Ya Amirul Mukminin, kiranya
tidak akan menimbulkan masalah kalau untuk baginda diberikan gaji di
muka setiap bulan.”

Umar
bin Abdul Aziz sangat marah mendengar perkataan pengurus Baitulmal. Ia
berkata, “Celaka engkau! Apakah kau tahu ilmu gaib bahwa aku akan hidup
hingga esok hari!?”

Hikmah 2 : Menyadari beratnya tanggung jawab seorang pemimpin

Ketika
Umar bin Abdul Azis mendapat promosi, dari Gubernur Madinah menjadi
Khalifah, ia menangis dan pingsan. Ia menyatakan, bahwa beban kewajiban
seberat ribuan gunung telah diletakan kepundaknya, pada hal untuk
mengurus diri sendiri pun ia merasa belum mampu. Sekarang di beri
amanah mengurus umat. Setelah Umat bin Abdul Azis RA dilantik menjadi
Khalifah, beliau pergi ke mushallahnya dan menangis tersedu-sedu.
Ketika di tanyakan kepadanya tentang penyebab tangisnya, beliau
menjawab,” aku memikul amanat umat ini dan aku tangisi orang -orang
yang menjadi amanat atasku, yaitu kaum fakir miskin yang lemah dan
lapar, ibnu sabil yang kehilangan tujuan dan terlantar, orang-orang
yang di zalimi dan di paksa menerimanya, orang-orang yang banyak
anaknya dan berat beban hidupnya. Merasa bertanggung jawab atas beban
mereka, karena itu, aku menangisi diriku sendiri karena beratnya amanat
atas diriku.”

Konon semasa ia menjabat sebagai Khalifah,
tak satu pun mahluk dinegerinya menderita kelaparan. Tak ada serigala
mencuri ternak penduduk kota, tak ada pengemis di sudut-sudut kota, tak
ada penerima zakat karena setiap orang mampu membayar zakat. Lebih
mengagumkan lagi, penjara tak ada penghuninya. Sejak di angkat menjadi Khalifah Umar bertekad, dalam hatinya ia berjanji tidak akan mengecewakan amanah yang di embannya.

Hikmah 3 : Bagaimana seharusnya pemimpin bersikap

Simaklah
sikapnya. Salah seorang Gubernurnya menulis surat. Isinya minta dana
untuk membangun benteng sekeliling kota. Khalifah membalas suratnya.
‘Apa manfaatnya membangun benteng ? Bentengilah ibu kota dengan
keadilan, dan bersihkan jalan-jalannya dari kezaliman.” Ada pepatah
mengatakan,”seorang alim harus mengajar dirinya sebelum mengajar orang
lain, dan hendaknya mengajar dengan prilakunya sebelum mengajar dengan
ucapan -ucapannya.” Pepatah itu pas untuk pribadi Umar bin Abdul Azis.

Hikmah 4 : Berhati-hati, Halallan Toyyiban & Menghindari hal yang syubhat

Suatu
hari Khalifah Umar bin Abdul Azis mendapat hidangan sepotong roti yang
masih hangat, harum dan membangkitkan selera dari istrinya.” Dari mana
roti ini ?”tanyanya.” buatan saya sendiri,” jawab istrinya.” Berapa kau
habiskan uang untuk membeli terigu dan bumbu-bumbunya?” hanya tiga
setengah dirham saja,” jawab istrinya.” Aku perlu tahu asal usul benda
yang akan masuk kedalam perutku, agar aku dapat mempertanggung
jawabkannya di hadirat Allah SWT. Nah, uang tiga setengah dirham itu
dari mana ?” setiap hari saya menyisihkan setengah dirham dari uang
belanja yang anda berikan, wahai Amirul Mukminin, sehingga dalam
seminggu terkumpul tiga setengah dirham. Cukup untuk membeli
bahan-bahan roti yang halalan thayyiban,” kata istri Khalifah
menjelaskan.” Baiklah kalau begitu. Saya percaya, asal usul roti ini
halal dan bersih. Namun, saya berpendapat lain. Ternyata biaya
kebutuhan hidup kita sehari-hari perlu di kurangi setengah dirham, agar
kita tidak mendapat kelebihan yang membuat kita mampu memakan roti atas
tanggungan umat,” tegas Khalifah. Dan sejak hari itu, umar membuat
instruksi kepada bendaharawan Baitul Maal untuk mengurangi jatah harian
keluarga Umar sebesar setengah dirham.” Saya juga akan berusaha
menganti harga roti itu, agar hati dan perut saya tenang dari gangguan
perasaan, karena telah memakan harta umat demi kepentingan pribadi,”
sambung Khalifah.

Disebutkan
lagi, suatu ketika Amirul Mukminin Umar bin Abdil Azis, di kunjungi
bibinya. Maksudnya meminta tambahan tunjangan dari Baitul Maal. Ketika
itu, Amirul Mukminin sedang makan kacang bercampur bawang dan adas,
makanan rakyat awam. Umar menghentikan makannya, lalu mengambil
sekeping uang logam satu dirham dan membakarnya.di bungkusnya uang itu
dengan sepotong kain dan di berikannya kepada bibinya seraya berkata,”
Inilah tambahan tunjangan uang yang bibi minta.” Bibi menjerit
kepanasan ketika menyentuh bungkusan berisi uang logam panas itu. Umar
berkata,” Kalau api dunia terasa sangat panas bagaimana kelak api
neraka yang akan menbakar aku dan Bibi karena menghianati amanah dan
menyelewengkan harta kaum muslimin?” Masya Allah, itulah berkah
memegang amanah Allah. Betapa rezeki yang halal dengan izin Allah, bisa
membentuk pribadi-pribadi keturunan yang menawan.

Hikmah 5 : Qiyamullail


Fatimah Rahimahullah berkata,


“Umar bin Abdul Aziz, jika masuk ke rumah, dia langsung menuju ke
mushallanya, kemudian dia menangis dan berdo’a sampai kedua matanya
lelah (tidur), kemudian bangun. Seperti itulah yang dia lakukan di
setiap malam.” (Taarikh Khulafa, As-Suyuthi)

FatimahRahimahullahberkata,


“Mungkin ada orang yang lebih banyak mengerjakan shalat dan puasa
daripada Umar bin Abdul Aziz, tetapi aku belum pernah melihat orang
yang lebih takut kepada Tuhannya daripada Umar. Jika dia shalat Isya
terakhir (malam) dia menyendiri di mushallanya, lalu berdo’a dan
menangis sampai kedua matanya tertidur. Kemudian bangun, berdoa dan
menangis lagi sampai kedua matanya tertidur. Terus begitu sampai datang
waktu shubuh.” (Az-Zuhud, Imam Ahmad)


Fatimah Rahimahullah berkata,


“Umar telah mengabdikan jiwa dan raganya untuk kepentingan manusia. Dia
duduk untuk mereka di siang harinya, jika datang waktu sore dia masih
melanjutkan tugasnya dalam memenuhi kebutuhan manusia sampai malam.
Pada suatu sore dia sudah selesai dari tugas-tugasnya di siang hari,
lalu dia mengambil lampu yang minyaknya diambil dari uangnya sendiri,
kemudian berdiri dan shalat dua rakaat, kemudian dia merunduk dan
meletakkan kepalanya di antara kedua tangannya, air matanya menetes di
atas pipinya dan menangis tersedu-sedu. Demikianlah keadaannya pada
malam itu sampai datang waktu subuh. Sedangkan pagi harinya dia
berpuasa.” (Sirah Umar bin Abdul Aziz, Ibnu Al-Jau

Pada suatu malam, Umar bin Abdul Aziz Rahimahullah bangun untuk shalat malam, lalu membaca firman Allah, “Wa al-laili izaa yaghsyaa” (QS. Al-Lail), sampai pada firman Allah, “Fa andzartukum naaran taladzdzaa“,
dia menangis sehingga tidak mampu melanjutkan ayat selanjutnya surat
itu, dua atau tiga kali, sampai kemudian beliau membaca surat lainnya. (At-takwiif min An-Naar, Ibnu Rajab)

Kisah yang lain,

Hikmah 6 :Kekhawatiranya pada hari Akhir

Umar bin Abdul Azis tertarik waktu hamba sahaya itu bercerita.

“Ya, Amirul Mukminin. Semalam
saya bermimpi kita sudah tiba di hari kiamat. Semua manusia
dibangkitkan Allah, lalu dihisab. Saya juga melihat jembatan shiratal
mustaqim.”

Umar bin Abdul Azis mendengarkan dengan seksama. “Lalu apa yang engkau lihat?” tanyanya.

“Hamba melihat satu per satu
manusia diperintahkan berjalan melewati jembatan shiratal mustaqim.
Penguasa Bani Umaiyah, Abdul Malik bin Marwan, hamba lihat ada di
antara orang yang pertama kali dihisab. la berjalan melewati jembatan
shiratal mustaqim. Tapi, baru dua langkah, dia sudah jatuh ke dalam
jurang neraka. Saat ia jatuh, tubuhnya tak terlihat lagi. Hamba hanya
mendengar suaranya. la terdengar menangis dan memohon ampun kepada
Allah,” jawab hamba sahaya itu.

Umar bin Abdul Azis tertegun mendengar cerita itu. Hatinya gelisah.

“Lalu bagaimana?” ia bertanya dengan gundah.

“Setelah itu giliran putranya,
Walid bin Abdul Malik bin Marwan. Ia juga terpeleset dan masuk ke dalam
jurang neraka. Lalu tiba giliran para khalifah yang lain. Saya melihat,
satu per satu mereka pun jatuh. Sehingga tidak ada yang sanggup
melewati jembatan shiratal mustaqim itu,” kata sang hamba sahaya.

Umar bin Abdul Azis tercekat
karena merasakan takut dan khawatir dalam dadanya. Sebab, ia juga
seorang khalifah. la sadar, menjaga amanah kepemimpinan dan kekuasaan
itu sangat berat. Dan ia pun yakin, setiap pemimpin harus bisa
mempertanggungjawabkan kepemimpinannya. Tidak ada seorang pun yang akan
lolos dari hitungan Allah.

Jantung Umar seketika berdegub
kencang. Nafasnya memburu. Ia cemas, jangan-jangan nasibnya akan sama
dengan para pemimpin lain yang dikisahkan hamba sahaya itu. Karena
cemas dan takut, Umar bin Abdul Azis meneteskan air mata. Ia menangis.

“Ya Allah, apakah aku
akan bernasib sama dengan mereka yang dilihat hamba sahaya ini di dalam
mimpinya? Apakah aku telah berlaku tidak adil selama memimpin?
Pantaskah aku merasakan surgaMu, ya Allah?” bisik Umar bin Abdul Azis
di dalam hati. Air matanya kian deras mengalir.

“Lalu tibalah giliran Anda, Amirul Mukminin,” kata hamba sahaya itu.

Ucapan hamba sahaya itu menambah
deras air mata Umar bin Abdul Azis. Umar kian cemas. Kecemasan Umar
membuat tubuhnya gemetaran. Ia menggigil ketakutan. Wajahnya pucat.
Matanya menatap nanar ke satu sudut ruangan.

Saat itu, Umar bin Abdul Azis
mengingat dengan jelas peringatan Allah SWT, “Ingatlah pada hari mereka
diseret ke neraka atas muka mereka. Dikatakan kepada mereka :
Rasakanlah sentuhan api neraka.”

Hamba sahaya itu justru kaget
melihat reaksi khalifah Umar bin Abdul Azis yang luar biasa. Dalam
hati, ia merasa serba salah. Sebab, ia sama sekali tidak punya maksud
untuk menakut-nakuti khalifah. Ia sekadar menceritakan mimpi yang
dialaminya.

Melihat kepanikan khalifah, hamba
sahaya itu lalu berusaha menenangkan Umar bin Abdul Azis. Namun, Umar
bin Abdul Azis belum bisa tenang. Maka, hamba sahaya itu pun meneruskan
ceritanya dengan berkata, “Wahai Amirul Mukminin, demi Allah, aku
melihat engkau berhasil melewati jembatan itu. Engkau sampai di surga
dengan selamat!”

Mendengar itu, Umar bin Abdul Azis bukan tersenyum apalagi tertawa. Ia diam. Cukup lama Umar tertegun. Cerita itu benar-benar membuatnya berpikir dan merenung.

Ada hikmah yang lalu dipetik Umar
dari cerita itu. Dan sejak itu, ia menanamkan tekad untuk lebih
berhati-hati dalam amanah kekuasaan. Itu adalah amanah Allah yang
sangat berat.

Hikmah 7 : Mau mengambil pelajaran &diingatkan oleh orang yang lebih muda

Ketika
Umar bin Abdul Aziz selesai menguburkan sepupunya, Sulaiman bin Abdul
Malik (Amirul Mukminin yang menjabat sebelum dirinya), dia masuk ke
kamar tidurnya untuk beristirahat sebentar. Akan tetapi dia mendengar
suara ketukan pintu. Setelah dia tahu bahwa anaknya, AbdulMalik,
meminta izin untuk masuk, maka ia mengizinkannya. Sesudah mengucapkan
salam si anak berkata, “Wahai Amirul Mukminin, apa yang ingin kau
kerjakan?”


“Aku akan tidur sebentar,” kata Umar


“Engkau tidur siang dan tidak mencegah kezaliman dari pelakunya,” kata anak itu.

“Wahai anakkku, sesungguhnya aku
berjaga tadi malam untuk mengurus pamanmu Sulaiman, setelah aku shalat
Zhuhur nanti aku akan kembali mencegah kezaliman dari pelakunya,” kata
Umar.

Si anak kemudian berkata kepada
bapaknya, “Saya tidak tahu pasti apakah engkau tetap hidup sampai
Zhuhur nanti, berdirilah sekarang wahai amirul mukminin, tolaklah
kezaliman dari pelakunya pertama kali.”

Umar bin Abdul Aziz berkata, “Mendekatlah kepadaku wahai anakku.”

Si anak lalu mendekat, Umar
kemudian mencium keningnya seraya berkata, “Segala puji milik Allah
yang telah menjadikan dari tulang sulbiku orang yang membantuku dalam
urusan agamaku.”


Kekuasaan
Khalifah Umar bin Abdul Aziz hanya berusia tiga puluh bulan, tetapi
kekuasaannya yang singkat itu bagi Allah Ta’ala bernilai lebih dari
tiga puluh abad. Beliau meninggalkan dunia fana ini dalam usia muda,
yakni pada usia empat puluh tahun.


Pada zaman pemerintahan Umar bin Abdul Aziz, pasukan kaum muslimin
sudah mencapai pintu kota Paris di sebelah barat dan negeri Cina di
sebelah timur. Pada waktu itu kekuasaan pemerintahan di Portugal dan
Spanyol berada di bawah kekuasaannya.

Indahnya akhlaq beliau, semoga kelak akan muncul pemimpn di Indonesia seperti beliau..

atau mungkin kelak pemimpin itu adalah anda?


http://www.hilman.web.id

Kumpulan Kata-kata Bijak Umar bin Khattab ra


Umar bin Khotob: “duduklah dengan orang-orang yang bertaubat, sesungguhnya mereka menjadikan segala sesuatu lebih berfaedah.” (Tahfdzib Hilyatul Auliya I/71)

Umar bin Khotob: “Kalau sekiranya kesabaran dan syukur itu dua kendaraan, aku tak tahu mana yang harus aku kendarai.” (Al Bayan wa At Tabyin III/ 126)

Umar bin Khotob: “Sesungguhnya kita adalah kaum yang dimuliakan oleh Allah dengan Islam, maka janganlah kita mencari kemuliaan dengan selainnya.” (Ihya’ Ulumuddin 4/203)

Umar bin Khattab: “Hendaklah kalian menghisab diri kalian pada hari ini, karena hal itu akan meringankanmu di hari perhitungan.” (Shifatush Shafwah, I/286)

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar. ~ Khalifah ‘Umar

Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku. ~ Khalifah ‘Umar

Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah.Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar. ~ Sayidina Umar bin Khattab

Barangsiapa takut kepada Allah SWT nescaya tidak akan dapat dilihat kemarahannya. Dan barangsiapa takut pada Allah, tidak sia-sia apa yang dia kehendaki. ~ Sayidina Umar bin Khattab

Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya.

Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga. ~ Sayidina Umar bin Khattab

Manusia yang berakal ialah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat.-Umar bin Khatab-

Barangsiapa yang jernih hatinya, akan diperbaiki Allah pula pada yang nyata di wajahnya.-Umar bin Khatab-

Barangsiapa menempatkan dirinya di tempat yang dapat menimbulkan persangkaan, maka janganlah menyesal kalau orang menyangka buruk kepadanya.-Umar bin Khattab-

Kebajikan yang ringan adalah menunjukkan muka berseri-seri dan mengucapkan kata-kata lemah-lembut.-Umar bin Khattab-

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar.-Umar bin Khatab-

Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau.-Umar bin Khattab-